Senin, 14 November 2016

Yuk Tengok Aktifitas Kakak-Kakak Mahasiswa AKAFARMA Kali ini!

Yuk Tengok Aktifitas Kakak-Kakak Mahasiswa AKAFARMA Kali ini!


analis obat, analisis kualitatif parasetamol, biaya uji laboratorium makanan, biaya uji laboratorium sucofindo, biaya uji lab kosmetik, pusat pengujian obat dan makanan nasional, laboratorium uji makanan, laboratorium pengujian makanan di jakarta, biaya pengujian makanan



Dihari Jum’at 14 Oktober 2016 ini kakak-kakak mahasiswa AKAFARMA semester 5 sedang mengadakan praktik analisis obat dan narkoba bersama Ibu Dr. Erna Susanti, M.Biomed, Apt. dan Ibu Meria Istianasari, A.Md sebagai pembimbing praktik mereka.

Pada praktikum kali ini kakak-kakak mahasiswa menetapkan kadar bahan obat dalam sediaan farmasi. mereka diajak untuk berlatih dalam menetapkan kadar bahan aktif obat pada sediaan apakah sesuai dengan persyaratan yang ada. Fokus praktik kali ini adalah sediaan farmasi yang berbentuk serbuk, cair, dan semisolid.

Hasil dari praktikum kakak-kakak ini menemukan bahwa ada sebagian obat yang mempunyai kadar bahan aktif yang tidak sesuai dengan persyaratan. Menurut Ibu Erna ketidak sesuaian bahan aktif pada obat ini bisa karena cara penyimpanan tidak benar. “Masing-masing bahan aktif suatu obat mempunyai stabilitas yang berbeda-beda, ada yang harus disimpan terhindar dari sinar matahari, menghindari tempat lembab, dsb.” Ujar Ibu Erna.

Selain karena faktor penyimpanan, bisa juga ketidaksesuaian kadar bahan aktif karena obat tersebut palsu. Karenanya para kakak-kakak ini dibekali agar pada saat mereka memperoleh dua produk yang sama dengan kualitas berbeda mereka bisa membedakan kedua produk tersebut dengan cara menetapkan kadar bahan aktifnya.

Banyaknya fenomena obat palsu diluar sana membuat masyarakat harus semakin hati-hati dalam memilih obat yang akan dikonsumsinya. “Masyarakat cenderung memilih obat yang murah, sehingga mungkin hal tersebut dimanfaat produsen-produsen nakal untuk mencari keuntungan dari sana” tambah Ibu Erna disela-sela wawancara.


Harapan Ibu Erna agar dengan diadakannya praktek ini mahasiswa semakin terampil untuk menganalisis sediaan farmasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar