Selasa, 15 November 2016

Simak Praktikum Pemisahan Bahan Alam yang Dikerjakan Mahasiswa AKAFARMA Kali Ini

[Simak Praktikum Pemisahan Bahan Alam yang Dikerjakan Mahasiswa AKAFARMA Kali Ini]


praktikum pemisahan bahan alam, laporan praktikum ekstraksi maserasi, laporan praktikum ekstraksi padat cair pada kemiri, laporan ekstraksi bahan alam, laporan praktikum pemisahan dengan cara ekstraksi pelarut, laporan praktikum ekstraksi cair-cair, ekstraksi minyak kemiri secara soxhletasi, laporan praktikum fitokimia ekstraksi, laporan praktikum ekstraksi pelarut sabun


Pada hari Selasa, 15 November 2016 ini. Kakak-kakak mahasiswa AKAFARMA semester 3 mengerjakan praktikum tekhnik pemisahan dengan dosen pembimbing Bapak Sugeng Wijiono, S. Si, Apt. Kali ini kakak-kakak mengerjakan praktikum pemisahan menggunakan bahan alam dengan tekhnik panas dan dingin. Setiap kelompok menggunakan tekhnik yang berbeda seperti destilasi, perkolasi, maserasi, dll.

Salah satu kelompok mahasiswa ada yang menggunakan biji pala sebagai bahan praktiknya. “Dalam praktik ini kita memakai tekhnik perkolasi. Jadi kita memakai biji pala dalam bentuk simplisia lalu diberi pelarut” Ujar Lailatul Fajria yang merupakan salah satu mahasiswa AKAFARMA semester 3.


Ada juga kelompok yang memakai tekhnik destilasi dalam praktiknya. Salah satunya adalah kelompok dari kakak Widia yang akan mengekstrak minyak atsiri dari tanaman serehwangi. “Destilasi itu metode pemanasan. Destilasi sendiri memiliki berbagai macam metode, tapi nanti kita memakai destilasi uap air.” Jelas kakak widia ketika ditanyai mengenai metode praktikum yang digunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar