Selasa, 08 November 2016

Jangan Pernah Salah Memilih Obat Analgesik! Begini Fenomenanya...

Jangan Pernah Salah Memilih Obat Analgesik! Begini Fenomenanya...

obat analgesik, 10 jenis jenis obat analgesik kesehatan

obat analgesik, 10 jenis jenis obat analgesik kesehatan, obat antipiretik, obat analgetik pdf, obat analgesik untuk sakit gigi, makalah obat analgetik, contoh obat analgesik narkotik, nama obat penghilang rasa sakit dosis tinggi, analgesik antipiretik


Berbagai macam obat analgesik beredar dipasaran. Produsen A, B, atau C sangat banyak mengeluarkan macam produk obat analgesiknya, semua disesuaikan dengan kebutuhan dan minat konsumen.

Apakah obat analgesik itu? Ditemui di ruang laboratorium mikro PIM Ibu Ayu Ristamaya Yusuf, A.Md, S.T. menjelaskan “Obat analgesik merupakan obat anti nyeri, biasanya terdapat pada obat sakit kepala, sakit gigi, obat-obat pegel linu, asam urat”.

Dari banyaknya obat analgesik yang berada di pasaran bebas ternyata terdapat fenomena yang tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua obat-obatan tersebut aman dan sesuai standar yang ada. Berdasarkan penelitian kakak-kakak mahasiswa semester 3 AKAFARMA PIM masih banyak obat analgesik di pasaran yang tersebut mempunyai banyak kandungan yang tidak sesuai bahkan ada yang bukan merupakan obat analgesik padahal pada obat tersebut tertulis obat analgesik.

Selain itu pada obat-obat tersebut juga tidak temukan anjuran pemakaian yang jelas, padahal konsumen juga butuh anjuran pemakaian agar mereka mengetahui secara pasti berapa pil/tablet yang harus dikonsumsinya.

Hal ini jelas merupakan pelanggaran dalam hal perlindungan konsumen. Ibu Ayu menambahkan banyaknya peredaran obat analgesik, kurangnya pengawasan BPOM, minimnya edukasi masyarakat, dan murahnya obat tersebut menjadi penyebabnya “Tidak ada nomor BPOM pada obat-obat tersebut. Sebenarnya obat-obat ini sudah jarang ditemukan di kota, tetapi apabila kita menjelajahi pinggiran kota masih banyak ditemui obat-obat seperti ini.” Ujar Ibu Ayu.


Kurangnya edukasi masyarakat juga menjadi penyebab maraknya fenomena ini, itulah sebabnya di perlukan peran-peran pihak terkait untuk menuntaskan masalah ini. Apa yang perlu dilakukan untuk menghindari obat-obat seperti ini? Mari kita simak pernyataan kakak mahasiswa AKAFARMA PIM semester 3 yang bernama Vidia “Dalam memilih obat kita harus melihat dari komposisinya, jangan sampai kita hanya beli lalu dengan segera meminum tanpa mengecek komposisi obat tersebut.” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar