Senin, 07 November 2016

Beginilah Praktikum Farmakognosi Kakak-Kakak Mahasiswa AKAFARMA Kali Ini

Praktikum Farmakognosi

farmakognosi, farmakognosi pdf, farmakognosi simplisia, sejarah farmakognosi, farmakognosi dasar, ruang lingkup farmakognosi, makalah farmakognosi, pengertian farmakognosi menurut para ahli, materi farmakognosi


    Siang tadi kakak-kakak mahasiswa AKAFARMA semester 3 mengerjakan praktikum farmakognosi di laboratorium farmakognosi Putra Indonesia Malang. Ditemui di ruangan tersebut ada dua dosen pembimbing yaitu Ibu Meiria Istiana Sari, A.Md dan Ibu Fitri Eka Lestari, S.Gz.

Dalam penelitian kali kakak-kakak melakukan pengamatan mikroskopis yang merupakan kelanjutan dari praktikum farmakognosi dengan topik simplisia minggu lalu. Bahan-bahan yang digunakan untuk praktik beragam seperti jahe, brotowali, kunyit, dll.

Kemarin kakak-kakak telah membuat 13 hasil simplisia yang kemudian hasil tersebut sekarang diamati secara bentuk dan mikroskopnya. Kakak-kakak ini mencicil pengamatan hasil simplisia secara bertahap di setiap petemuan, tetapi tadi banyak dari kakak-kakak ini yang sudah mengamati 2 hasil simplisia. Berbeda dengan praktikum minggu lalu yang membuat simplisia secara berkelompok, untuk praktikum pengamatan mikroskopis ini dilakukan secara individu.

Proses pengamatan ini diawali dengan menaruh simplisia yang akan diamati di kaca preparat yang sudah disiapkan sedikit saja. Lalu teteskan kloral hidrat pada zat tersebut, setelah itu dibakar supaya fragmen pada simplisia terlihat dan ditutup dengan cover glass. Kemudian diamati di mikroskop.

Tantangan untuk praktikum ini menurut Ibu Meiria adalah menemukan fragmen-fragmen yang spesifik dalam penelitian ini. “Jadi misalnya jahe, spesifik didalamnya memiliki rambut penutup berbentuk seperti pedang. Mereka harus mencari itu sampai ketemu” Ujar Ibu Meiria.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar