Minggu, 23 Oktober 2016

Kuliah Analis Farmasi

Mau Mengenal Apa Itu Simplisia? Temukan Jawabannya Disini


Pada 10 Oktober 2016 kakak-kakak mahasiswa AKAFARMA sedang melakukan praktek farmakognisi di laboratorium farmakognosi Putra Indonesia Malang. Ditemui di laboratorium tersebut ada ibu-ibu dosen kita yang cantik yaitu Ibu Meiria Istanasari, A.Md dan Ibu Andini, A.Md, S.Pd.

Di pertemuan kali ini mahasiswa AKAFARMA semester 3 tepatnya secara berkelompok sedang mengerjakan simplisiaatau sediaan jamu kering dari bahan alam yang berkhasiat obat. Bahan dibawa oleh mahasiswa sendiri dengan acuan MMI (Materia Medika Indonesia) yang merupakan buku panduan untuk farmakognosi.

Prosedur singkat simplisia ini dijelaskan Ibu Meiria yang pertama adalah merajang bahan secara tipis untuk memperbesar penampangnya, lalu setelahnya rajangan tersebut dikeringkan dengan diangin-anginkan dibawah sinar matahari atau di oven. Bahan yang diangin-anginkan biasanya merupakan bahan alam yang berupa daun berkhasiat seperti daun sirsat, jambu biji, pepaya, dll., sedangkan bahan yang pengeringannya di oven biasanya berupa bahan rimpang seperti jahe, kencur, temulawak, dll.


Ibu Meiria mengatakan bahwa tujuan diadakannnya praktek ini agar mahasiswa mengetahui bahan-bahan alam yang berkhasiat dan mampu membuat simplisia untuk pengujian makroskopis dan mikroskopis. Selain itu Ibu Andini menambahkan bahwa tujuan lainnnya yaitu meningkatkan daya analis mahasiswa juga agar mereka bisa membuat tanaman obat di sekitar mereka berguna setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar